Cara membuat Bolu Kukus Mekar resep kuno, resep
  1. Siapkan wadah dan bahan harus benar- benar bersih dan kering bebas minyak supaya adonan dapat mengembang dengan baik, kemudian Mixer dengan kecepatan tinggi telur dan gula pasir sampai mengembang putih pucat tapi tidak kaku. Proses ini adalah proses yang harus dilakukan dengan baik karena kunci keberhasilan membuat bolu kukus mekar pada proses pengocokan telur,mengocoknya harus dengan kecepatan tinggi dan harus konstan.kebetulan saya pakai hand mixer jadi lumayan pegal haha..tapi gpplah demi bolu kukus saya rela mixer 1 jam lamanya hehe..
  2. Masukkan terigu sedikit- sedikit selang seling dengan soda water lakukan sampai habis
  3. Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah di beri kertas roti.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan
  5. Kukus sampai matang selama 25 menit, oh ya..pastikan saat memasukkan adonan yang mau dikukus,uap air sudah banyak,dan kukusan berbunyi nguinggg... selama mengukus jangan di buka- buka,kukus dengan api sedang,air dalam kukusan jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak karena kalau terlalu banyak airnya bisa muncrat mengenai adonan yang sedang dikukus yang dapat mempengaruhi adonan gagal mengembang basah dan bantat.
  6. Selamat mencoba..semoga sukses..
Bahan-bahan dalam resep Bolu Kukus Mekar resep kuno diatas adalah sebagai berikut
  • 250 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu kunci biru / segitiga serbaguna
  • sesuai selera pewarna
  • 150 ml air soda ( soda water/ sprite / big cola lime flavour
  • secukupnya vanilli
  • 3 butir telur ayam ukuran sedang
Porsi : 12 Orang
Resep Bolu Kukus Mekar resep kuno Bolu kukus mekar selalu mengingatkan masa kecil saya,dimana kue ini adalah salah satu kue favorit saya, aroma wangi khas bolu kukus dan kertas rotinya yang khas membuat saya teringat masa kecil saya dahulu, sensasi saat makan bolu kukus yang khas adalah saat pertama makan mencuil kelopak mekarnya ituh... hihi.. dan sisa terakhir yang nempel di kertasnya hmmm... Walaupun banyak yang jual tapi saya merindukan bolu kukus mekar resep kuno yang pernah saya makan saat masa kecil dahulu,karena jujur bolu kukus yang saya makan Sekarang perasaan kok berbeda dengan jaman dulu ya???.. apa karena sekarang banyak kue- kue sehingga udah biasa??? Ahh..pokoknya saya pengen coba buat bolu kukus titik !!! Dari situlah saya jadi penasaran ingin mencoba membuatnya,walaupun terlihat mudah ternyata membuat bolu kukus mekar ini tidak semudah yang saya bayangkan, beberapa kali saya mencoba gagal total,walaupun gagal saya tidak putus asa justru membuat saya semakin penasaran hehe.. Sampai akhirnya saya menemukan resep yang pas dan tekhnik membuat bolu kukus mekar yang harus betul- betul diperhatikan... Yuukk kita mulai buat aja...bismillah..