Rabu, 16 November 2016

Mengenal Serangan Asma


Mengenal Serangan Asma

Penyakit asma tak bisa dianggap enteng. Menyepelekan penyakit ini sama saja menggiring kita pada kematian secara perlahan- lahan. Sayangnya, banyak di antara kita yang mungkin tidak terlalu peduli akan ciri- ciri serangan asma. Padahal, mengenal serangan asma adalah salah satu cara tindakan preventif yang akan sangat membantu kita mendeteksi secara dini.
Apa saja ciri- ciri serangan asma? Yang paling umum adalah sesak nafas. Namun, tak serta merta bisa kita judge bahwa siapapun yang “sedang” sesak nafas berarti asma. Sesak nafas yang tidak terlalu lama, misalnya karena ketegangan terhadap sesuatu, tidak dikategorikan sebagai asma. Apalagi bila setelah itu, kita sudah kembali seperti semula. Namun, bila sesak nafas tersebut berkepanjangan bahkan sampai bunyi, maka kita harus waspada, karena itu adalah indikasi asma.
Ciri lain dari serangan asma adalah nafas cepat disertai batuk. Saat kita memompa air dan air tak jua keluar, apa yang kita lakukan? Biasanya, kita akan terus memompanya hingga pompa tersebut mungkin rusak. Itulah yang terjadi ketika kita terserang asma. Tubuh kekurangan oksigen karena penyempitan pembuluh darah. Untuk itu, paru- paru mencoba sekuat tenaga untuk terus menghirup udara dan mengeluarkannya, dengan harapan saluran yang tersumbat tersebut bisa jebol dan pernafasan tidak terganggu lagi. Namun apa yang terjadi, semakin kita berusaha kuat- kuat untuk bernafas, saluran pernafasan tersebut semakin tersiksa. Akibatnya, kita sering merasakan dada sakit saat asma menyerang.
Ciri, yang mungkin sedikit ekstrim adalah perubahan warna mulut menjadi biru. Ini terjadi bila serangan asma tak jua mendapatkan pertolongan. Diawali dengan sesak nafas biasa karena penyempitan pembuluh darah, kemudian tidak ada tanggapan, dan “diakhiri” dengan perubahan warna mulut menjadi biru disertai sesak nafas sesaat sebelum meninggal. Itu sebabnya, jangan pernah meremehkan sesak nafas atau asma yang masih stadium kecil.
Dari sedikit catatan di atas, kita semakin paham bahwa mengenal serangan asma adalah hal wajib yang seyogyanya kita ketahui. Pengambilan keputusan yang salah akibat ketidakpahaman dan ketidaktahuan akan berakibat fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar