Jumat, 13 November 2015

Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Palembang

Anda pasti pernah menyantap lezatnya Pempek, olahan dari ikan tengiri yang berasal dari kota Palembang. Namun ternyata, kota Palembang tidak hanya punya makanan Pempek sebagai kuliner terkenal loh. Ada banyak lagi makanan khas Palembang yang membuat kota tersebut dijuluki sebagai "Kota Sejuta Kuliner."

Ragam Makanan Populer Dari Kota Sejuta Kuliner Palembang

1. Pempek

Yang paling terkenal dari Palembang di seluruh penjuru nusantara tentunya makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan belida, tenggiri ataus gabus yang digiling dan digoreng. Makanan ini lalu disajikan dengan kuah yang mengandung cuka, gula merah dan cabe dilengkapi cacahan mentimun agar rasanya nikmat. 
Makanan Khas Palembang
Gambar : siputnews.com
Pempek juga memiliki berbagai jenis dan nama berdasar bentuknya. Ada yang diisi kulit ikan, telur ayam atau tahu.  Mengapa disebut “pempek”? Konon, dulu pempek atau empek-empek dijual dengan menggunakan sepeda yang mengelilingi kampung. Jadi, ketika ingin menyetop sang penjual, calon pembeli memanggilnya “Pek, Apek!” yang merupakan panggilan untuk lelaki keturunan Tionghoa yang telah berumur. Yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Selain itu, ada juga pempek lenggang, pempek kulit, dan pempek panggang. 

2. Model.

Makanan Khas Palembang
Makanan khas Palembang berikutnya adalah model. Ada dua jenis model, model gandum terbuat dari terigu yang digoreng sedangkan model ikan terbuat dari bahan yang mirip olahan pempek kapal selam. Bedanya, adonan model adalah tepung tapioka dicampur ikan dan diisi dengan tahu. Hidangan ini setelah digoreng disajikan dengan kuah dari kaldu udang dan cuka. Agar makin nikmat, sajian ini dilengkapi juga dengan jamur kuping,bawang goreng,mentimun dan bihun. Hidangan ini paling pas disantap sebagai penghangat badan ketika hujan sore-sore.

3.Tekwan.

Makanan Khas Palembang
Ini adalah satu lagi makanan khas Palembang yang berasal dari olahan ikan. Namun, bukannya dicampur dengan tapioka, tekwan diolah dengan tepung sagu. Tekwan disajikan dengan kaldu udang sebagai kuahnya degna bahan-bahan pelengkap seperti bihun, jamur kuping dan bengkoang. 

4. Pindang Tulang.

Gambar : mresep.blogspot.com
Yang ini merupakan olahan yang berasal dari bahan tulang sapi yang masih mengandung sedikit daging dan sumsum. Tulang-tulang tersebut lalu direbus dengan racikan bumbu-bumbu tradisional yang mengandung serai, cabe hijau, lengkuas, kunyit, serta bawang merah dan bawang putih. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya, ada asam, ada manis, dan ada pula pedasnya. 

5. Burgo. 

Burgo merupakan makanan berbentuk mirip dadar gulung yang terbuat dari tepung sagu dan beras yang dikukus. Makanan ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan kelapa, kaldu ikan, kunyit dan bawang. Biasanya, makanan ini dihidangkan dengan lontong dan air jeruk nipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar