Jumat, 13 November 2015

TIPS MENJADI PINTAR

 TIPS MENJADI PINTAR

 

Metode 1 dari 5: Mendidik Diri Anda Sendiri

  1. Be Smart Step 1
    1
    Cobalah untuk mendidik diri sendiri. Ingatlah bahwa pendidikan bukanlah sesuatu yang dipaksakan pada diri Anda di sekolah hanya demi gelar dan ijazah, melainkan sebuah pemahaman akan dunia di sekitar Anda. Orang-orang yang secara alami merasa ingin tahu berhenti memiliki pertanyaan pada saat mulai sekolah. Tetapi orang-orang dengan otak yang benar-benar cerdas selalu mempertanyakan dunia mereka dan mencoba memahaminya. Itulah rahasia menjadi seorang jenius.
    • Cobalah untuk belajar sendiri. Anda bahkan bisa belajar dari pengalaman hidup Anda, yang terkadang disebut “unschooling” (non-sekolah).
    Iklan
  2. Be Smart Step 2
    2
    Bangunlah kosakata Anda. Gunakanlah beberapa definisi dari kamus setiap harinya, atau berlanggananlah layanan daring “satu kata per hari”. Anda juga bisa mengerjakan tes-tes di Reader’s Digest atau membeli buku untuk meningkatkan kosakata sehari-hari Anda. Bacalah kamus satu per satu kata. Hal ini memakan waktu setidaknya satu tahun tetapi Anda akan berkembang secara intelektual.
  3. Be Smart Step 3
    3
    Bacalah berbagai macam jenis buku. Banyak membaca seringkali digambarkan sebagai rahasia menuju kecerdasan. Orang-orang terpintar di dunia cenderung membaca setiap harinya. Anda mungkin tak selalu menikmatinya, tetapi membaca akan membuka pikiran Anda terhadap berbagai ide dan pengalaman baru. Bacalah buku yang berbeda-beda dari dari semua bidang.
  4. Be Smart Step 4
    4
    Didiklah diri Anda tentang dunia sekitar Anda. Kembangkanlah ketertarikan dalam bidang seperti kejadian-kejadian terkini, fakta-fakta menarik, kutipan-kutipan menarik dan lucu, buku dan film yang bagus, penelitian ilmiah dan penemuan menarik. Televisi pendidikan adalah cara yang hebat untuk belajar. Belajar berpikir kritis tentang dunia sekitar Anda dengan menyadari sebab-akibat suatu kejadian akan membuat Anda lebih pintar.
    • Jika Anda bisa membaca lebih cepat daripada berbicara, akan jauh lebih efisien membaca buku, terlebih lagi dokumen elektronik non-linear seperti wiki daripada menonton acara untuk umum namun kurang tepat bagi yang orang-orang yang sangat menuntut secara intelektual atau yang ingin belajar dari video pendidikan. Iklan televisi pada khususnya buruk karena tujuan utamanya adalah membuat Anda tetap menonton TV dan iklan-iklannya, bukannya memuaskan Anda agar Anda bisa melakukan hal lain.
  5. Be Smart Step 5
    5
    Buatlah keterkaitan. Temukanlah kegunaan-kegunaan informasi dan bukan hanya mengumpulkan informasi kecil yang tidak berguna. Mengubur informasi di suatu tempat di dalam otak Anda tidak akan berguna; Anda harus bisa mengaksesnya di dalam situasi apa pun. Pikirkanlah situasi dimana sepotong informasi akan menjadi masuk akal. Lalu sebarkanlah dan lihatlah informasi itu berkembang!
    Iklan

Metode 2 dari 5: Memperluas Cakrawala Anda

  1. Be Smart Step 6
    1
    Pelajarilah bahasa baru. Selain sebagai latihan linguistik, mempelajari bahasa bisa membawa Anda mengenal orang-orang dan ide-ide baru. Anda mungkin akan lebih tidak merasa asing saat mengunjungi suatu tempat yang Anda ketahui sedikit bahasanya. Di suatu masa, Anda juga akan menyadari ada beberapa kalimat atau konsep dalam bahasa lain yang tidak bisa langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia! Hal ini bisa menjadi latihan yang menghibur dan menantang untuk pikiran. (Sebagai catatan, berusahalah untuk sabar dan positif saat mempelajari bahasa karena mungkin akan memakan waktu untuk mencapai tingkat yang Anda inginkan).
  2. Be Smart Step 7
    2
    Kunjungilah tempat-tempat baru sesering Anda bisa. Cobalah kunjungi negara-negara lain juga. Mengunjungi tempat-tempat di negara Anda atau negara lain akan membuka pikiran Anda dan mengajari Anda tentang alam semesta. Anda juga akan bisa memahami budaya-budaya lain (bagaimana cara hidup masyarakat di tempat lain, bagaimana mereka bersikap satu sama lain, bagaimana mereka hidup dan sebagainya). Anda juga akan bisa memahami ada banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di mana pun. Anda akan terpesona dengan berbagai macam masyarakat dan budaya di dunia ini. Hal itu akan membuat Anda pintar dan menarik.
  3. Be Smart Step 8
    3
    Berpikiran terbuka dan bersedia mempelajari hal-hal baru. Hanya karena Anda hebat dalam satu hal bukan berarti Anda harus menggeluti bidang itu saja! Carilah cara untuk keluar dari zona nyaman Anda. Di saat itulah pembelajaran dimulai.
    Iklan

Metode 3 dari 5: Kembangkanlah Kebiasaaan-kebiasaan Baik

  1. Be Smart Step 9
    1
    Selalu bertanya. Mengajukan pertanyaan dan mempertanyakan setiap hal di sekitar kita terus-menerus membuat kita lebih pintar. Tidak apa-apa jika kita tidak mengetahui kenapa dan bagaimana suatu hal terjadi! Setiap orang punya sesuatu yang tidak mereka ketahui. Tetapi dengan mengembangkan kebiasaan sehat dengan bertanya saat Anda tidak mengetahui sesuatu, Anda akan menemukan diri Anda menjadi lebih pintar dan pintar.
  2. Be Smart Step 10
    2
    Tentukanlah tujuan seminggu sekali. Tanyakanlah pada diri Anda dalam setiap sesi penentuan tujuan, “Seberapa banyak tujuan yang telah diraih minggu lalu?”, “Kenapa aku tidak mencapai beberapa tujuanku dan apa yang bisa aku lakukan untuk mendapatkan kesempatan lebih untuk sukses?”
    • Bekerja keraslah terus-menerus untuk mencapai tiap-tiap tujuan Anda. Tanpa tujuan, Anda takkan punya sesuatu untuk diharapkan. Beri diri Anda sendiri hadiah setelah menyelesaikan tujuan Anda.
    • Jadilah teratur. Anda tidak perlu menjadi “gila bersih”, tetapi menyia-nyiakan waktu bukanlah hal yang cerdas. Tentu saja, ada banyak orang jenius yang benar-benar tidak teratur (seperti profesor-profesor yang tidak fokus) tetapi jika Anda mengeluarkan usaha untuk menjadi pintar, mengambil pendekatan secara sadar tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda adalah langkah besar menuju arah yang tepat.
  3. Be Smart Step 11
    3
    Curahkan waktu untuk pendidikan. Mendidik diri Anda sendiri membutuhkan waktu, jika Anda ingin menjadi lebih pintar, hal itu akan membutuhkan usaha. Jangan berharap hal itu akan terjadi dalam semalam. Anda harus menghabiskan banyak waktu berpikir dan belajar secara aktif jika Anda ingin benar-benar menjadi pintar.
  4. Be Smart Step 12
    4
    Selalu belajar. Ada banyak sumber informasi di luar sana. Contohnya: buku-buku, dokumenter dan internet. Sekolah hanya satu sumber informasi. Jika nilai Anda selalu A, itu bukan berarti Anda sudah pintar. Melatih keterbukaan pikiran akan membuat Anda lebih cerdas dan terus-menerus belajar akan membantu Anda meraihnya.
    Iklan

Metode 4 dari 5: Melatih Otak Anda

  1. Be Smart Step 13
    1
    Kerjakanlah permainan teka-teki seperti kubus Rubik. Mengerjakan gambar acak akan membuat otak Anda terus bekerja dan meningkatkan kemampuan mental Anda. Otak Anda seperti otot: Anda harus melatihnya!
    • Sudoku adalah permainan teka-teki yang bagus untuk dipecahkan dan dapat memperluas pemikiran Anda. Sudoku dapat dibeli dalam bentuk buku, seringkali dicetak di surat kabar, dan dengan mudah ditemui secara daring dengan gratis.
  2. Be Smart Step 14
    2
    Lakukanlah aktivitas kesenian. Menggambar, memahat, melukis dan bentuk seni lainnya dapat melahirkan sisi kreatif Anda dan memperluas kemampuan memecahkan masalah Anda. Otak yang kreatif bisa berpikir di luar kotak untuk mencari cara melakukan hal dengan lebih baik dan lebih cepat.
  3. Be Smart Step 15
    3
    Kerjakanlah soal matematika. Pelajarilah cara menjumlahkan dengan pikiran atau menghitung dengan cepat. Berpikir keras, yang dibutuhkan dalam matematika akan membuat otak Anda bekerja keras dan mengembangkan kaitan yang akan membantu Anda berpikir dengan lebih baik dan lebih cepat.
  4. Be Smart Step 16
    4
    Tulislah cerita dan puisi. Penulisan kreatif akan memaksa otak Anda bekerja menciptakan situasi dan dialog, serta karakter dan lingkungan. Hal ini akan membuat Anda menjadi pemikir yang lebih baik dan memantu Anda memproses informasi. Menggunakan bahasa untuk hal seperti ini juga akan meningkatkan kosakata dan kemampuan narasi Anda. Menulis juga cara yang mengagumkan untuk mengekspresikan diri Anda dan pemikiran Anda.
    Iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar